• MAN 4 BANYUWANGI
PACU SEMANGAT DAN PROFESIONAL GURU KIMIA DENGAN PKB

MAN 4 Banyuwangi – PKB Kimia.  Bertempat di ruang kelas MAN 4 Banyuwangi, 16 guru kimia Madrasah Aliyah Se kabupaten banyuwangi berkumpul bersama mengikuti PKB. Kegiatan Diseminasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang di gagas oleh Dirjen GTK Kementerian Agama RI merupakan upaya serius kementerian agama untuk meningkatkat kualitas guru madrasah. Diseminasi PKB  pada guru kimia ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut pelatihan Instruktur PKB provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan tanggal 17 – 20 September 2019 di Hotel Haris Malang oleh DIrjen GTK Kementerian Agama RI.

Delapan Jam Guru-guru Kimia mengikuti Diseminasi PKB yang dilaksanakan MGMP Kimia MA tetap menunjukkan antusias dan semangatnya. Materi yang menarik membuat para peserta betah berada di dalam ruangan untuk menyelesaiakan setiap materi yang di berikan instruktur. Dimulai dengan penjelasan singkat tentang PKB oleh Instruktur, dilanjutkan  Praktek kimia terapan yang menambah seru kegiatan ini. Diawali dengan Permainan Kimia untuk menjelasan konsep asam basa, Pembakaran Alkohol dan pembuktian adanya kalor dengan senapan sederhana, peledak dari bahan kamar mandi untuk menjelaskan reaksi adisi senyawa hidrokarbon, dan percobaan api dingin yang menjelaskan reaksi alkana semakin membuat diseminasi ini terasa istimewa dan penuh kejutan bagi peserta.

Nova Erawati guru MA Al Fatah merasa beruntung mendapatkan pengalaman baru dalam diseminasi yang diikuti hari ini, guru yang sekaligus waka kesiswaan ini merasa mendapatkan tambahan energi dan semangat utntuk mengajar kembali di madrasahnya.  Hal serupa juga dirasakan Gufron sarjana fisika yang mengajar kimia di MA Hasyim Asy’ari. Ia baru menyadari bahwa pelajaran kimia ternyata menarik dan menyenangkan.

Selepas Sholat dhuhur seluruh peserta di sajikan pengalaman baru dalam menulis rumus-rumus kimia, rumus struktur yang biasanya  guru sangat kerepotan dan sulit dengan mengenalkan Autocorrect dan aplikasi chemoffice. Dalam waktu 1 jam seluruh guru mampu dan mahir menulis rumus kimia beserta rumus struktur dengan menggunakan aplikasi yang diajarkan. Susanto guru kimia yang telah di latih menjadi instrutur PKB dengan telaten mampu memberikan angin segar tentang perubahan cara mengajar dan cara pandang pembelajaran kimia. Guru hanya perlu suntikan motivasi dan sentuhan inovasi berkelanjutan untuk tetap hidup jiwanya sebagai guru, sehingga guru-guru ini mampu menghidupkan semangat dan motivasi siswa menjadi lebih berkualitas terang susanto disela-sela kegiatan Diseminasi berlangsung.  Dalam Pembukaan Pelaksanaan Diseminasi 19 september hari ini, Mujikan Kepala MAN 4 Banyuwangi Juga menyampaikan hal yang serupa, guru-guru secara continue harus terus ditingkatkan kompetensiya, baik kompetensi pedagogik  maupun kompetensi professional untuk membentuk peserta didik yang cerdas serta mewujudkan generasi hebat bermartabat. Bravo Madrasah (Susanto)

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT