• MAN 4 BANYUWANGI
PRODUKSI PUPUK KOMPOS CAIR DAN PADAT DARI PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DI MAN 4 BANYUWANGI

MAN 4 Banyuwangi – Kompos. Menginjak umur ke 22 MAN 4 Banyuwangi bersiap bertransformasi menjadi madrasah yang berkualitas. Pembenahan fisik dan mental seluruh stake holder untuk menggerakkan kearah tren positif untuk menjadi madrasah yang lebih dewasa dan mapan.

Pasca ditetapkanya predikat terakreditasi A pada tahun 2018 dan Pengelolaan Administrasi Keuangan terbaik di banyuwangi pada Madrasah termuda ini, MAN 4 Banyuwangi terus menunjukkan trend baik dan semakin berkualitas serta  dengan ditunjuknya menjadi Madrasah atau sekolah Adiwiyata.

Dalam rangka mempersiapkan Madrasah Adiwiyataini, persiapan diseluruh lini dilakukan dengan serius. Seperti keseriusan madrasah dalam pengelolaan sampah yang ada di MAN 4 Banyuwangi. Kegiatan pengelolaan Sampah Organik yang dipusatkan didalam green house digawangi oleh anggota KIR. Pembuatan kompos yang dipandu oleh Susanto guru kimia ini dimulai setelah sholat dhuha jam 10.00 dan berakhir jam 11.30. Tumpukan sampah yang biasanya menjadi masalah yakni kotor, kumuh dan berbau kini telah disulap menjadi kompos yang lebih bermanfaat.

Dengan pengolahan sampah organic (daun-daun, ranting, sisa-sisa makanan) diharapkan akan mengurangi sedikit masalah sampah yang ada di madrasah, apalagi sekarang musim penghujan ungkap Susanto, S.Pd guru kimia dan waka kurikulum. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal Selasa, 16 April 2019  juga menarik perhatian RIsca Munfita, S.Si selalu Pembina KIR dan  menyampaikan bahwa ini pengalaman baru untuk anak-anak dan berharap produk kompos padat cair selain dimanfaatkan untuk kebutuhan pemupukan taman dimadrasah juga  dapat dikomersilkan. Sambutan positif juga sampaikan Drs. Mujikan, M.Pd.I kepala MAN 4 Banyuwangi bahwa dengan pengelolaan sampah dimadrasah menjadi alternative dan solusi untuk mengatasi masalah sampah yang selama ini menjadi salah satu permasalahan dimadrasah. Semoga kedepan madrasah bisa lebih obtimal lagi dalam mengelola sampah sehingga mampu memberi kemanfaatan untuk seluruh warga madrasah. (S.Chimi)

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT