• MAN 4 BANYUWANGI
MTs Al Furqon Bikin Sule Sambil Belajar 4 Keterampilan Unggulan di Mewangi

Hari ini MAN 4 Banyuwangi mendapat kunjungan dari salah satu Madrasah Tsanawiyah yang ada di Desa Kesilir, yaitu MTs Al-Furqon Kesilir. Kali ini siswa siswi MTs Al-Furqon diperkenalkan dengan empat program keterampilan yang ada di MAN 4 Banyuwangi, mulai dari tata rias, tata busana, otomotif, dan desain grafis. 

Sebelum memasuki galeri empat program keterampilan unggulan tersebut, mereka disambut dengan penjelasan program-program Madrasah oleh Susanto, M.Pd dan Drs. Mungat. Salah satunya adalah program SKS atau Sistem Kredit Sekolah yang akan mulai diterapkan tahun pelajaran 2024/2025.

Setelah mengikuti pembukaan tersebut, siswa siswi mendapat kegiatan praktek membuat susu kedelai di laboratorium IPA yang dibimbing langsung oleh Susanto, M.Pd selaku guru kimia dan dibantu oleh beberapa siswa siswi dari MAN 4 Banyuwangi kelas XII. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok laki-laki dan perempuan. Pada saat kegiatan, sesi pertama dilakukan oleh kelompok perempuan, sementara sesi kedua oleh kelompok laki-laki. Pelaksanaan kegiatan pembuatan produk susu kedelai diikuti siswa siswi dengan semangat dan antusias, mulai dari pemerasan ampas, perebusan kedelai, sampai pemberian warna makanan dan dilanjutkan dengan proses pengemasan. Setelah selesai melakukan proses pembuatan produk susu kedelai mereka dapat langsung menikmatinya. Disamping itu, guru-guru juga ikut mencicipi hasil dari kegiatan tersebut. 

Kegiatan berikutnya adalah kunjungan di galeri empat program keterampilan. Pertama ada kegiatan otomotif, yang diikuti oleh siswa laki-laki saja. Mereka belajar mulai dari pengisian oli, pemasangan mesin-mesin motor, dan masih banyak lagi. Lalu ada keterampilan tata rias dan tata busana yang hanya diikuti oleh kelompok perempuan. Di keterampilan tata busana, mereka belajar tentang pengukuran sampai proses menjahit pembuatan rok. Di sini mereka langsung mempraktekkan membuat rok sampai selesai dan bisa langsung digunakan. Kemudian yang terakhir adalah keterampilan tata rias, kelompok perempuan dengan didampingi anggota kegiatan tata rias ini, belajar merias wajah yang dipraktekkan langsung oleh kelompok perempuan. Tak lupa, siswa laki-laki juga berkunjung ke laboratorium komputer untuk belajar ilmu editing umum dan populer sesperti canva, corel, adobe dan lainnya.

Menurut salah satu siswi dari MTs Al-Furqon mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti selama berkunjung di MAN 4 Banyuwangi sangat menarik dan seru, menambah wawasan serta pengalaman juga, disini belajar langsung atau praktik dengan alat-alat yang sudah disediakan. Tercatat tidak sedikit dari mereka yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya di MAN 4 Banyuwangi. (Barirta)

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT