• MAN 4 BANYUWANGI
Mewangi Adakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Rabu, 21 Februari 2024. MAN 4 Banyuwangi mengadakan kegiatan Workshop bertajuk "Implementasi Kurikulum Merdeka, Wujudkan Merdeka Belajar Menguatkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil 'Alamin "

Kegiatan yang dimulai tepat pukul 8.30 pagi ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Madrasah dan kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banyuwangi, H. Chaironi Hidayat, S.Ag, MM. Dalam sambutannya, Kepala Kemenag berharap kegiatan Workshop yang diadakan MAN 4 Banyuwangi kali ini dapat memberikan dampak positif kepada perkembangan Madrasah kedepannya. Beliau juga menegaskan agar kegiatan seperti ini tidak hanya sekedar dijadikan sebagai sebuah ritualitas tanpa makna namun lebih bisa dijadikan sebagai salah satu sumber ilmu bagi para pendidik untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Di akhir sambutannya, beliau berharap agar setiap Madrasah, terutama Madarsah Negeri memiliki tim pengembangan mutu agar kualitas/mutu Madrasah dapat bersaing dengan instansi Pendidikan lainnya.

Setelah sambutan - sambutan, kegitan berikutnya adalah kegiatan inti. Pada kegiatan ini, acara di isi oleh H. Mujib, S.Pd. MM. Beliau adalah Ketua Umum Perkumpulan Cendikiawan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Profesional Indonesia. Pada kesempatan kali ini, tema materi yang diusung adalah "Implementasi Kurikulum Merdeka". Tema tersebut dipilih karena sangat relevan dengan perkembangan kurikulum Madrasah saat ini dan pada prakteknya ternyata masih banyak para pendidik yang belum memahami dan real mempraktekkan. 

Para Pendidik Mewangi terlihat begitu semangat dan antusias mendengar pemaparan Pemateri perihal Kurikulum Merdeka. Sesekali beliau sharing pengalaman kerja yang sangat mengesankan dan mampu memotivasi para peserta Workshop. Tak hanya perihal kurikulum, peserta Workshop juga terlihat sangat bersemangat saat sesi tanya jawab. Banyak Pendidik Mewangi yang bertanya, sharing, dan menyampaikan keluh kesah perihal pengalaman mengajar kepada Pria yang saat ini aktif sebagai Kepala SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng tersebut.

Kegiatan workshop bersama H. Mujib, S.Pd. MM masih terus berlanjut sampai pukul 14.00 WIB yang kemudian rangkaian kegiatan Workshop dilanjutkan oleh Kasi Pendma Kemenag Banyuwangi, Bpk. Dimyati, S.Ag, M.Pd.

Dalam diskusi dengan Bpk. Dimyati, banyak hal yang beliau soroti terkait perkembangan Madrasah. Namun dari banyaknya perihal tersebut, beliau lebih banyak menyampaikan soal 7 Program Pendma Kemenag Banyuwangi. Salah satunya adalah program "Mabur Banter" yang merupakan singkatan dari Program "Madrasah Berbudaya dan Berkarakter." Pada program ini, beliau menekankan pada semua Madrasah, khususnya MAN 4 Banyuwangi harus memiliki ciri khas dan karakter yang bisa dijadikan sebagai Branding dan daya tarik untuk menarik dan merekrut para peserta didik baru (PPDB).  

Kegiatan Workshop berakhir sekitar pukul 16.00 yang ditutup dengan penyampaian ringkasan kegiatan, pesan - kesan dan ditutup dengan kegiatan foto bersama. (Bk)

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT