• MAN 4 BANYUWANGI
Antusiasme Siswa Kelas XII Mengikuti Program Pembekalan Keterampilan Sablon

Pagi ini, Jumat 26 April 2024 ada yang sedikit berbeda dengan beberapa siswa kelas XII. Terlihat belasan siswa sudah berkumpul di rumah sablon "Rakaosan" yang ada di desa Kesilir, Siliragung.

Ternyata mereka begitu antusias sudah berkumpul sejak pukul 7 pagi untuk mengikuti kegiatan praktek menyablon. Praktek menyablon sendiri adalah salah satu dari 3 program ketrampilan tambahan sebagai bekal skill/keterampilan kelas XII yang tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. 2 program pembakalan lainnya yakni, keterampilan memasak/tata boga dan keterampilan las.

Didampingi oleh guru BK, belasan siswa yang akan mengikuti program praktek menyablon tersebut sebelumnya sudah di training dan mendapatkan pembekalan ilmu oleh tutor berpengalaman selama 4 hari. Pada hari ke-5, mereka mempraktekkan ilmu tersebut.

Kegiatan dimulai tepat pukul 8 sesuai jadwal. Para siswa memulai kegiatan dengan mencetak desain/stiker sablon yang sudah mereka buat sebelumnya. Setelah dicetak, tutor memberikan contoh menempel sablon pada kaos dengan 2 cara, yakni dengan menggunakan seterika dan dengan menggunakan alat press.

Siswa terlihat begitu antusias menyimak demonstrasi dan penjelasan dari tutor. Setelah menunjukkan caranya, baik menggunakan seterika maupun alat press, para siswa praktek langsung mempraktekkan demonstrasi tersebut. Beberapa siswa praktek menggunakan seterika, dan beberapa lainnya menggunakan alat press.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula waka Kurikul MAN 4 Banyuwangi, Indah Murniasih, S.Pd untuk memantau langsung dan memberikan dorongan semangat, serta motivasi bagi para siswa. Kegiatan berakhir pada pukul 10.30 dan terlihat para siswa begitu puas dan bahagia mengikuti program ini. (Bk)

 

 

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT