• MAN 4 BANYUWANGI
Mewangi Bekali Calon Lulusan Dengan Program Keterampilan

Sebagai salah satu Madarasah yang mengedepankan program keterampilan pada para peserta didiknya, MAN 4 Banyuwangi senantiasa memberikan terobosan dan menjalin kerjasama dengan pihak - pihak luar demi memberikan keterampilan pada para lulusan sehingga bisa bersaing di dunia kerja nantinya. 

Tak terkecuali untuk para siswa kelas XII yang akan lulus dalam waktu dekat, Madrasah membekali mereka yang tidak melanjutkan kuliah dengan bekal keterampilan yang diminati dan popoler di masyarakat. Tahun 2024 ini, madrasah membekali para siswa tersebut dengan 3 keterampilan yang bisa dipilih sesuai dengan minat. 3 keterampilan tersebut yakni; sablon, las, dan tata boga. 

Antusiasme siswa begitu terasa saat mengikuti program pengembangan keterampilan ini. Mereka tidak hanya melihat, akan tetapi mengikuti praktek juga. Kegiatan tata boga misalnya, tak hanya dipadati oleh siswa perempuan, siswa laki - laki pun terlihat begitu antusias mendengar dan melihat pemateri menjelaskan dan mempraktekkan ilmunya. Pada kegiatan tata boga kali ini, para peserta diajari bagaimana cara membuat kue - kue populer dan sedang hits, misalnya; pie, brownies, tart, pastri, bolu dll. 

Sementara itu seolah tak mau kalah, para siswa yang mengikuti keterampilan sablon juga begitu antusias. Mereka sejak pagi sudah terlihat memadati galeri 'Rakaosan', tempat dimana mereka akan mengikuti kegiatan praktek. Digaleri tersebut, mereka diajari berbagai teknik sablon dan media sablon. Dengan bahasa yang bersahabat, pemateri mengajari para siswa satu persatu dengan sabar.

Sementara itu, keterampilan las yang mayoritas di ikuti oleh siswa laki-laki juga mengadakan kegiatan praktek yang sangat memggugah antusiasme peserta. Mereka diajari dan mempraktekkan langsung proses pengelasan berbagai macam jenis material oleh pemateri yang handal dan berpengalaman. 

Ini adalah tahun ke-2 MAN 4 Banyuwangi mengadakan program pembekalan keterampilan bagi siswa kelas XII. Harapannya, para siswa yang mengikuti program ini sudah tidak bingung lagi perihal pekerjaan setelah mereka lulus nanti. Mereka bisa menggunakan bekal keterampilan tersebut untuk membuka usaha ataupun ikut bekerja dengan pihak - pihak lainnya. (BK)

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT