• MAN 4 BANYUWANGI
Mewangi Hadiri Pelatihan Guru Dalam Rangka Menumbuhkan Ketahanan Satuan Pendidikan

Rabu, 15 Mei 2024 - MA AL Amiriyah Blok Agung Banyuwangi.

Dalam rangka mewujudkan Madrasah yang bebas dari faham intoleransi, kekerasan, dan bullying, MAN 4 Banyuwangi mengirim 5 guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan guru dalam rangka menumbuhkan ketahanan satuan pendidikan dalam rangka menolak faham intoleransi, kekerasan dan bullying yang diadakan di di MA AL Amiriyah Blok Agung Banyuwangi.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan BNPT dan Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada guru dalam mencegah masuknya faham intoleransi, radikalisme dan terorisme di satuan pendidikan serta bagaimana cara untuk mencegah terjadinya bullying baik oleh siswa, guru, maupun orang tua.

Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa faham intoleransi dan radikalisme terindikasi mulai banyak merambah kalangan milenial salah satunya adalah siswa. Media penyebarannya bisa melalui pertemanan(komunitas) dan yang paling masif adalah melalui media sosial. Selain faham intoleransi dan radikalisme, di satuan pendidikan juga banyak ditemukan tindakan bullying baik berupa kekerasan verbal maupun non verbal. 

Untuk itu semua stakeholder yang ada di satuan pendidikan harus peka atau tanggap terhadap ciri-ciri dari seseorang yang dirasa mulai terpapar faham-faham tersebut dan bisa mendeteksi ciri-ciri dari seseorang yang menjadi korban bullying sehingga bisa membuat suatu kebijakan bagaimana cara mencegah agar supaya siswa bisa terbebas dari faham intoleransi dan radikalisme tersebut, serta menjamin bahwa semua pihak yang ada di satuan pendidikan tersebut terbebas dari tindakan bullying.

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT