• MAN 4 BANYUWANGI
Purnawiyata Mewangi Ke-24 Yang Syarat Akan Makna

Rabu, 22 Mei 2024 MAN 4 Banyuwangi mengadakan kegiatan Purnawiyata Ke-24. Kegiatan yang berlangsung dengan penuh khidmad tersebut penuh dengan acara yang syarat akan makna. 

Kegiatan diawali dengan kirab yang yang dipandu dengan regu Paskibra dan di ikuti oleh masing - masing kelas beserta wali kelas. Antusiasme kelas XII kali ini dalam mengikuti kegiatan prosesi sungguh terlihat sejak pagi yang mana mereka sudah berkumpul dilapangan depan Mewangi dengan kostum warna-warni sesuai dengan jurusan.

Di dalam ruan prosesi, para undangan yakni Wali Murid beserta beberapa undangan terlihat sudah mulai tidak sabar menunggu kedatangan putra/putru mereka. Saat para siswa memasuki ruangan, terlihat banyak dari tamu undangan mengeluarkan ponsel seolah ingin mengabadikan memen putra/putri mereka yang berjalan di karpet merah masuk keruang prosesi.

Setelah memasuki ruang, para wisudawan mengikuti kegiatan foto bersama wali kelas dengan berbagai gaya, baik formal maupun non formal yang kemudian dilanjutkan dengan menuju tempat duduk yang telah disediakan sambil mendengarkan musik dan lagu-lagu yang dibawakan oleh tim paduan suara Mewangi yang lantang dan semangat.

Setelah semua kelas mengikuti sesi foto bersama, sambil menunggu Kepala dan para Wakil Kepala memasuki ruang, para wisudawan dan tamu undangan disuguhkan penampilan sholawat oleh Hadrah Al Banjari Mewangi. Suasana yang semula riuh terlihat semakin tenang setelah sholawat dinyanyikan.

Tak lama berselang, MC menyampaikan bahwa Kepala beserta Wakil Kepala akan memasuki ruang prosesi sehingga semua Wisudawan dan para Undangan dimohon untuk berdiri, yang mana kemudian dilanjutkan dengan penampilan seni Tari Mewangi yang membuat takjub para undangan. Bila ditahun - tahun sebelumnya tari Gandrung yang ditampilkan, kali ini tim tari membawakan tari Tanjung Gemirang.

Pada kegiatan inti, ada beberapa tokoh memberikan sambutannya yang diawali oleh ketua Panitia Pelepasan, yakni Eko Wahyudi dan dilanjutkan oleh Kepala Madrasah, Imam Syafi'i. Kepala berpesan agar para wisudawan yang lulus tahun ini mampu mengharumkan dan berkontribusi bagi masyarakat nantinya. Selain itu, beliau juga berpesan agar para lulusan tetap menjaga nama baik Almamter di kemudian hari. 

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh perwakilan Wali siswa kelas XII dan dilanjutkan/ditutup oleh sambutan dari Kementerian Agama Kab. Banyuwangi yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Kemenag Banyuwangi, Moh. Jali. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa tantangan kedepan bagi para lulusan tidaklah mudah di era/masa yang serba sulit ini. Diperlukan keterampilan dan knowledge (pengetahuan) tertentu agar tetap mampu bersaing di dunia kerja nantinya. 

Pada kegiatan pelepasan kali ini, ada yang sedikit berbeda dengan rundown acara, mulai dari penampilan siswa - siswi kelas XI yang mengenakan gaun dari barang bekas hasil proyek P5P2RA, penampilan perwakilan kelas XII yang menyanyi bersama orang tua yang mampu membuat undangan menitihkan air mata, sampai dengan prosesi penerbangan balon dan merpati sebagai simbolis pelepasan siswa - siswi Mewangi di tahun ini. (BK)

 

 

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT